SINKRONISASI PROGRAM BALAI LATIHAN MASYARAKAT AMBON PADA RAPAT KOORDINASI DPMD PROVINSI MALUKU 2020


  Selasa, 11 Februari 2020 BERITA

(06/02) Kepala Balai Latihan Masyarakat Ambon (Aria Bantar Dinarwan, SP, MA) menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi Teknis, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Maluku. Acara juga turut dihadiri oleh Kepala Seksi Program, Pengelolaan Data dan Informasi BLM Ambon (Nurhaida, SE), serta Kepala Seksi Penyelenggara dan Kerjasama (Donald Steven Sopaheluwakan, S.Sos) dan staf sebagai peserta rapat. Dalam rapat kordinasi tersebut, disampaikan bahwa BLM Ambon menyelenggarakan pelatihan, pendampingan, serta penyuluhan secara terbuka dengan kerjasama dari pemerintah daerah. Pemerintah daerah memegang peran penting dalam membina alumni pelatihan, sehingga diperoleh pemberdayaan masyarakat yang komprehensif dan berkelanjutan, terutama mencapai tujuan bersama untuk mengentaskan kemiskinan di desa.

Dalam rapat tersebut diperkenalkan pula pelatihan mandiri, yaitu pelatihan yang diajukan kepada BLM Ambon dengan menggunakan anggaran pengaju, baik melalui anggaran daerah maupun anggaran dari dana desa. Pasalnya dana desa seringkali digunakan hanya untuk infrastruktur, padahal dana desa pun dapat digunakan untuk peningkatan SDM desa melalui pelatihan terpadu. 

Pelatihan yang disinkronkan dengan pemerintah daerah ini diharapkan dapat tepat sasaran, serta menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelatihan dan pendampingan. Dilihat dari sudut manapun, pemerintha daerah mengetahui potensi serta permasalahan yang ada di lapangan, sehingga pemilihan kebutuhan pelatihan perlu melibatkan pemerintah daerah.