PELAKSANAAN KEGIATAN EVALUASI PASCA PELATIHAN SEBANYAK 3 ANGKATAN OLEH BLM AMBON


  Kamis, 13 Februari 2020 BERITA

 BLM Ambon telah melaksanakan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) di tiga Kecamatan yang tersebar di Provinsi Maluku. Evaluasi pertama adalah EPP Budidaya Tanaman Pangan yang dilaksanakan di Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Angkatan I),  Evaluasi kedua  adalah EPP Budidaya Tanaman Pangan yang dilaksanakan di Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (Angkatan II), dan Evaluasi ketiga adalah EPP Budidaya Rumput Laut yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru (Angkatan III). 

Kegiatan ini bertujuan untuk menemukenali sejauh mana pelatihan yang telah diselenggarakan memberikan perubahan kepada masyarakat, bagaimana alumni mempengaruhi ekonomi di desanya, dan permasalahan yang terjadi setelah pelatihan dilaksanakan.

Salah satu hasil evaluasi yang diharapkan adalah diperolehnya rekomendasi dalam penentuan lokus untuk pemberian pelatihan dan bantuan lainnya dengan kolaborasi lintas instansi, yaitu kementerian dan dinas setempat (whole of goverment). Hal tersebut memberikan pemberdayaan masyarakat secara komprehensif dan berkelanjutan karena BLM tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh dinas setempat.

Evaluasi ini melibatkan 15 orang alumni pelatihan, 15 orang non alumni pelatihan, pemerintah kecamatan, dan Dinas Pertanian atau Dinas Perikanan (sektoral) dari masing-masing daerah. Kegiatan ini juga dapat memonitoring sejauh mana pelaksanaan RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut) yang telah dibuat oleh alumni pelatihan.