PELATIHAN PRODUK OLAHAN KELAPA (PELATIHAN PRUKADES DI KEC. BULA BARAT)


  Senin, 23 Desember 2019 JENIS-PELATIHAN

BLM Ambon telah melaksanakan Pelatihan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES) untuk membuat produk olahan kelapa yang dilaksanakan pada 18 - 23 Oktober 2019. Produk yang dihasilkan diantaranya Minyak VCO, Minyak Kelapa Putih, Kecap Kelapa, Permen Jelly, Selai Kelapa dan Puding Sedot. 

Pelatihan ini diikuti oleh beberapa desa di Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, diantaranya Desa Rukun Jaya, Desa Dreamland Hils, Desa Waisamet, dan Desa Hote. Kawasan pedesaan tersebut merupakan kawasan dengan potensi kelapa yang melimpah. Produk kelapa yang dihasilkan biasanya hanya berupa kopra, yaitu kelapa yang dikeringkan dan dibakar untuk dijadikan minyak kelapa. Kopra tersebut tidak diolah menjadi minyak kelapa oleh warga setempat karena keterbatasan alat, sehingga kopra dijual pada pengepul dengan harga kisaran Rp. 3000 - Rp. 5000 / kg. 

Melalui pelatihan PRUKADES, diharapkan dapat menjadi stimulus bagi warga di Kecamatan Bula Barat untuk meningkatkan kreativitas dan perekonomian kawasan pedesaan dengan membuat olahan kelapa lainnya selain kopra. Selain memiliki harga yang lebih tinggi, produk tersebut juga memiliki potensi pasar yang lebih luas dan memberikan keuntungan berkepanjangan jika dikelola dengan baik. Selain itu, melalui PRUKADES diharapkan dapat menginisiasi terbentuknya BUMDESma serta mengefektikan BUMDES yang telah ada di kawasan tersebut. Produk ini pun menjadi suatu produk khas daerah dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha, sehingga mendukung daya tarik potensi wisata yang ada di sekitar kawasan tersebut.