PELATIHAN PRUKADES PASCA PANEN IKAN DI KECAMATAN KAIELY KABUPATEN BURU PROVINSI MALUKU


  Selasa, 05 Nopember 2019 JENIS-PELATIHAN

BLM Ambon telah melaksanakan Pelatihan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES) di Kecamatan Kaiely, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku pada tanggal 24 - 29 September 2019. Produk yang dilatih adalah produk turunan ikan yang merupakan potensi unggulan dari kawasan pedesaan tersebut.  Terdapat banyak sekali produk yang dihasilkan dengan resep yang berbeda-beda, diantaranya adalah nugget ikan, bakso ikan, otak-otak, julung renyah, julung cili tumbuk, dan sambal momar. 

Selain dilatih membuat produk, peserta juga dilatih untuk memiliki keterampilan pengemasan dan kewirausahaan, sehingga peserta dapat memasarkan hasil olahannya sendiri. Materi lainnya yang disampaikan pada pelatihan ini adalah manajemen pemasaran, analisa usaha, dan Rencana Kerja Tindak Lanjut.

Melalui pelatihan PRUKADES, diharapkan dapat menginisiasi BUMDES maupun BUMDESma untuk lebih berkembang dan membantu perputaran perekonomian dengan memaksimalkan potensi di daerah Kecamatan Kaiely. Pemandu yang menjadi pengajar pada pelatihan kali ini adalah Stefanus Tomasila, S.Sos (PSM Ahli Muda Balai Latihan Masyarakat Ambon), dan Dr. Ir. Imelda K E Savitri, M,S.I (Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura).